Selasa, 27 November 2012

Cara Cek DNS Server dan Info Komputer Dalam Jaringan

Cara Cek DNS Server dan Info Komputer Dalam Jaringan

Di era teknologi informasi ini internet sudah menjadi sebuah kebutuhan pokok yang mempunyai peran penting untuk mendukung aktifitas pekerjaan. Internet juga digunakan untuk kepentingan kantor/instansi tertentu. Computer yang ada dikantor masing-masing dapat terhubung ke internet melalui sebuah jaringan, baik itu jaringan kabel atau bisa juga dengan menggunakan wireless.

Jika dikantor anda sudah tersedia jaringan internet dan anda sering menjumai sebuah kejadian dimana salah satu dari sekian computer yang ada dalam jaringan tidak bisa terhubung ke internet padahal jaringan Local Area Network (LAN) bekerja dengan baik. Masalah ini sering kali dipicu oleh factor DNS. Kondisi ini biasanya dikarenakan tidak dicantumkannya DSN pada computer.


DNS biasanya akan diberitahukan kepada masing-masing user computer dalam jaringan yang ada dikantor anda oleh si Admin, namun atas beberapa alasan terkadang Admin juga merahasiakan DNS tersebut. Untuk mengecek informasi tentang computer yang anda gunakan yang meliputi, physical address, IP addressDNS server dan getway  dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

Klik Start-Run

Dalam kotak dialog ketikkan cmd

Lalu akan muncul jendela Command promt.

Ketikkan ipconfig /all pada c:\ pompt. Lihat gambar di bawah ini


Cara cek info dns

Anda dapat melihat info-info penting tentang computer yang anda gunakan beserta informs tentang jaringan yang terhubung ke computer anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar